Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan-Special Issue-Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGEMBANGAN PENILAIAN MATERI IPA SMP BERBASIS HOTS PADA KURIKULUM PROTOTIPE

-, Kosasih - (Unknown)
Asmawati, Luluk (Unknown)
_, Suhendar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : menganalisis cara menyusun instrumen penilaian HOTS, kualitas instrumen penialaian HOTS,  dan menganalisis kelayakan instrumen penilaian HOTS untuk meningkatkan proses berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian berlokasi di SMPIT Al Fatih 1 Citra Raya Tangerang Banten. Sampel total dalam penelitian ini sebanyak 86 peserta didik kelas IX SMP. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dan model pengembangan penyusunan tes Mardapi. Butir soal dibuat sebanyak 25 item dalam bentuk pilihan ganda.. Validasi isi pada penelitian ini sebesar 0,95, kategori soal termasuk valid dan rata-rata validitas butir soal tinggi. Validitas konstruk terhadap butir soal dinyatakan valid apabila rHitung > rTabel. Reliabilitas kategori tinggi dengan Alpha Cronbach  sebesar 0,717. Tingkat kesulitan butir soal terdiri dari mudah, sulit, dan sedang dan uji daya pembeda butir soal terdiri dari butir soal yang jelek, sangat baik, baik, dan cukup. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik berdasarkan respon terhadap jawaban butir soal yang terdiri dari ranah menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mengkreasi (C6) mencapai 68% dengan kategori cukup baik. Dengan berdasarkan nilai valiidtas konstruks, validitas isi, dan nilai reliabilitas, maka butir soal dalam penelitian ini layak digunakan untuk penilaian pembelajaran di sekolah.Kata kunci : Penilaian, Instrument Tes, HOTS, IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...