BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 3 (2024): BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juli 2024

PENGARUH METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS XI IPS UPT SMA NEGERI 18 BONE

M. Aswan (Unknown)
Emmi Azis (Unknown)
Sahiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa UPT SMA Negeri 18 Bone. Metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 105 orang dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 4 yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu randome sampling. Variabel penelitian ini adalah varibel dependen dan independen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dari hasil observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang di dapat penulis yaitu hasil uji hipotesis menunjukan hasil bahwa nilai thitung>ttabel yaitu -1.014<1,708. Maka dari itu nilai yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa HO diterima dan Ha ditolak dan signifikan 0,320 > 0,05. Hal ini dapat dikatakan metode diskusi tidak berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 4 UPT SMA Negeri 18 Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

begibung

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Berugak Baca. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin diterbitkan dalam semangat berkhidmat mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah pada bidang pendidikan, ekonomi, sosial, ...