BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin
Vol. 2 No. 3 (2024): BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juli 2024

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Masriadi (Unknown)
Emmi Azis (Unknown)
Syamsuria (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lamuru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lamuru sebanyak 8 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 6 perempuan. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share. Langkah-lagkah pembelajaran yang dilaksanaka yaitu perubahan dalam penyampaian materi pelajaran, siswa menganalisis permasalahan (think), pembentukan kelompok diskusi dengan mengubah pengelompokan siswa yang didasari dari prestasinya, siswa berpasangan untuk berdiskusi (pair), perwakilan kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (share). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lamuru meningkat setelah digunakannya model kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran IPS. Peningkatan ini terbukti pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari skor rerata pada siklus I sebesar 64.13 dan meningkat menjadi 71,38 pada siklus II. Siswa yang mencapai kriteria keberhasilan mengalami peningkatan dari 37,5% pada siklus I dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Lamuru

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

begibung

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Berugak Baca. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin diterbitkan dalam semangat berkhidmat mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan melalui publikasi ilmiah pada bidang pendidikan, ekonomi, sosial, ...