Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Data yang diolah hasil pengumpulan data melalui pembagian angket yang diberikan kepada setiap siswa kelas XI IPS 2 UPT SMA Negeri 16 Bone yang berjumlah 27 siswa. Variabel dalam penelitian ini dependen dan independen. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket, dan Dokumentasi yang dimna penulis melihat langsung keadaan lapangan. Hasil yang didapat penulis adalah pengujian hipotesis yang menunjukan nilai thitung>ttabel yaitu 3,195>2,060. Maka dari nilai yang telah diperoleh tersebut dapat dikatakan bahwa HO ditolak dan Ha diterima dan signifikan 0,004 < 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pengaruh penggunaan smartphone terhadap dasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 UPT SMA Negeri 16 Bone.
Copyrights © 2024