Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary
Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024

Ajaran Buddha dalam Pengembangan Etika

Dewi, Muditya Ratna (Unknown)
Utomo, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai ajaran Buddha dalam pengembangan etika dan tantangan pengembangan etika dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran Buddha, sebuah sistem filsafat dan spiritual yang berakar pada pengalaman pencerahan Siddhartha Gautama pada abad ke-6 SM. Kecerdasan Buddhisme telah lama peduli dengan pertanyaan-pertanyaan etika dan menawarkan artikulasi rinci tentang perkembangan manusia dan perilaku moral. Namun, tantangan modern seperti teknologi, keserakahan, dan perubahan pola pikir manusia telah menyebabkan masalah dengan tekanan mental, kesehatan fisik, dan kedamaian dan harmoni.. Metode penelitian yang diterapkan dalam kajian ini yakni systematic literature review (SLR) untuk mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ajaran Buddha membawa prinsip-prinsip etika yang mendalam dengan fokus pada pengembangan pribadi menuju kebijaksanaan dan pembebasan dari penderitaan. Konsep Sila, Karma, Panca Sila, dan meditasi Vipassana menjadi landasan utama dalam pengembangan etika Buddhis. Penerapan prinsip-prinsip ini diharapkan dapat membimbing penganut dalam mengembangkan karakter moral, mengurangi penderitaan, dan mencapai kebijaksanaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerumi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Nursing Social Sciences

Description

JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary dengan nomor ISSN terdaftar 3025-7999 (Cetak) dan 3025-7980 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary ...