Proceeding International Seminar of Islamic Studies
INSIS 6 (February 2024)

PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERIBADAH SISWA DI SD NEGERI 050677 BASILAM BL

Sami'in, Sami'in (Unknown)
Wahidah, Wahidah (Unknown)
Mulyadi, Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Studi kasus ini berawal dari adanya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di SDN 050677 Basilam BL. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan metode angket, metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variable, yakni untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga siswa dan kedisplinan beragama siswa. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Variable penelitian ini yaitu Pendidikan Agama Islam dalam keluarga sebagai variabel bebas dan kedisiplinan beribadah siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan beribadah siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga berpengaruh dengan representasi sebesar 45,2%. Sedangkan sisanya 54,8% dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

insis

Publisher

Subject

Religion Arts Astronomy Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Physics Other

Description

Proceeding International Seminar of Islamic Studies, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic ...