Studi kasus ini berawal dari adanya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa di SDN 050677 Basilam BL. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variable, yakni untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama dalam keluarga siswa dan kedisplinan beragama siswa. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Variable penelitian ini yaitu Pendidikan Agama Islam dalam keluarga sebagai variabel bebas dan kedisiplinan beribadah siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur pengaruh pendidikan agama Islam terhadap kedisiplinan beribadah siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan agama Islam dalam keluarga berpengaruh dengan representasi sebesar 45,2%. Sedangkan sisanya 54,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Copyrights © 2024