Jurnal Citra Pendidikan Anak
Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Citra Pendidikan

ANALISIS PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AN NAHL KOTA JAMBI

Safitri, Tria (Unknown)
Siregar, Nasyariah (Unknown)
Saputri, Vioni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pendidikan Indonesia memiliki tujuan membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia. Kurikulum merdeka adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel dan inovatif. Salah satu strategi pembelajaran dalam kurikulum merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang mencakup pembelajaran yang disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kurikulum merdeka yang masih baru diterapkan di SDIT An Nahl Kota Jambi. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pendekatan berdiferensiasi serta menganalisis pendekatan berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif fenomonologi yang mana penilitian ini melihat secara langsung fenomena atau kejadian yang terjadi di suatu tempat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa cara menerapkan pendekatan berdiferensiasi yaitu dengan memilih materi, mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya, memfasilitasi media pembelajaran, dan membimbing peserta didik untuk menghasilkan suatu produk. Serta hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka berjalan cukup baik dan lebih ideal dibandingkan kurikulum sebelumnya. Kata kunci: pendekatan berdiferensiasi, kurikulum merdeka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Pendidikan (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pendidikan Vokasi) 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran 3. Pengembangan model/program ...