Al-Irsyad: Journal of Education Science
Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024

ANALISIS KEBUTUHAN PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MEMFASILITASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

Aisyah, Aisyah (Unknown)
Rayungsari, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan penerapan media audio visual dalam memfasilitasi pembelajaran matematika di SMA Shalahuddin Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket yang disebarkan kepada siswa menggunakan Google Formulir. Sampel penelitian terdiri dari 10 siswa yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa lebih mudah memahami konsep matematika ketika materi disampaikan melalui media audio visual. Sebanyak 90% siswa setuju bahwa media audio visual membantu mereka mengingat konsep matematika dengan lebih baik, dan 80% siswa merasa lebih percaya diri dalam memecahkan masalah matematika setelah penggunaan media tersebut. Analisis data juga mengungkapkan bahwa penggunaan media audio visual membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan temuan ini, disimpulkan bahwa perlu adanya penerapan media audio visual di SMA Shalahuddin Pasuruan. Untuk mendukung hal tersebut, disarankan agar sekolah meningkatkan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran matematika, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, serta mengadakan pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penggunaan media tersebut. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan kualitas pembelajaran matematika di SMA Shalahuddin Pasuruan dapat meningkat secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Irsyad: Journal of Education Science (AIJES), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan Ilmu Pendidikan. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...