Peningkatan mutu pendidikan dan kualitas lulusan memerlukan penerapan evaluasi dan supervisi di sekolah, termasuk peran penting guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membantu siswa mengatasi masalah akademis, sosial, dan emosional. Supervisi terhadap profesionalisme dan kompetensi guru BK diperlukan untuk memastikan efektivitas layanan BK. Penelitian ini mengkaji kendala yang dihadapi guru BK, seperti keterbatasan kemampuan dan keterampilan konseling, serta penggunaan metode yang kurang sesuai. Supervisi BK bertujuan meningkatkan kesadaran profesional, perkembangan pribadi dan profesional, serta kinerja dan jaminan mutu praktik BK. Melalui supervisi, kekuatan dan kelemahan layanan BK dapat diidentifikasi untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profesionalisme dan kompetensi guru BK serta mengukur keberhasilan supervisi BK dalam meningkatkan kedua aspek tersebut di sekolah melalui metode review literatur atau sumber sumber ilmiah lainnya. Kata kunci: Supervisi, Guru Bimbingan dan Konseling, Profesionalisme, Kompetensi, Mutu Pendidikan, Layanan Konseling
Copyrights © 2024