Kurangnya inisiatif keaktifan siswa Kelas V SDN Pekayon Jaya V dalam mata pelajaran PKn menyebabkan nilai yang masih jauh dari tingkatan KKM. Maksud dari analisis penelitian yang saya lakukan ialah untuk meninjau peningkatan hasil belajar para siswa dalam materi keputusan bersama dengan metode memainkan peran melalui model pembelajaran kooperatif. Metode yang dikenakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan mulai bulan Agustus hingga bulan Oktober, subjek analisis penelitian yang dibutuhkan yakni sebanyak 23 orang siswa yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Sifat yang digunakan untuk prosedur penelitian ini adalah siklus yang terbagi menjadi dua (2) siklus. Kedua siklus mempunyai 4 tahap yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sistem akumulasi data mengombinasikan antara ujian formatif dengan tinjauan lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan ialah bahwa model pembelajaran kooperatif bisa memaksimalkan hasil belajar siswa dalam materi keputusan bersama, dibandingkan dari model pembelajaran lainnya. Presentase pada ketuntasan hasil belajar siswa telah memperoleh kenaikan yang relevan setelah dilaksanakan pembaruan pada pembelajaran, pada hasil sebelum pembaruan pembelajaran terdapat 8 siswa atau 34,78% dari 23 siswa. Pembelajaran siklus I mengalami peningkatan, siswa dengan nilai 75 keatas sebanyak 18 siswa atau 78,26% dari 23 siswa, dan saat pembaruan siklus II jadi 23 siswa atau 100% dari 23 siswa.
Copyrights © 2022