Pengaruh Metode Mendongeng Dapat Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah metode mendongeng dapat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal dan berapa besar pengaruh metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Kuantitatif dengan pre test post test control design group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal yang berjumlah 40 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu 20 siswa kelas control dan 20 siswa kelas eksperimen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 23 untuk uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji Hipotesis. Peningkatan perkembangan bahasa anak kelas kontrol pada tema binatang dan tidak diberikan perlakuan metode mendongeng diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 5.1 dan nilai rata-rata post tes sebesar 7,65. Peningkatan perkembangan bahasa anak kelas eksperimen pada tema binatang dengan menggunakan metode mendongeng diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 4,7 dan nilai rata-rata post tes sebesar 9,85. Hasil pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihak dengan taraf signifikan 5%. Uji pengaruh nilai post-tes kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 4,762 sedangkan ttabel = 2,10092 atau thitung ≥ ttabel ( 4,762 ≥ 2,10092) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat pengaruh metode mendongeng terhadap peningkatan perkembangan bahasa anak TK Ar-Raudhatul Jannah Sigambal.
Copyrights © 2024