Pendidikan karakter di sekolah mengacu pada delapan belas nilai-nilai karakter yang dianggap penting untuk dipahami dan dihayati oleh siswa. Pendidikan karakter tidak dimulai di sekolah tetapi harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anak sejak dini salah satunya karakter kemandiriaan. Fokus dari penelitian yaitu 1) mendeskripsikan dan menganalisis penggerakan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 2) mendeskripsikan dan menganalisis pengawasan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Plosogaden Kabupaten Temanggung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui 1) tahap pra lapangan atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, 3) analisis data. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggerakkan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi pelaksanaan program P5, sarana prasarana sekolah, pengarahan kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah. 2) pengawasan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi membuat instrumen penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan tindak lanjut.Kata Kunci: Implementasi Profile Pelajar Pancasila, Karakter Mandiri, Karakter Gotong Royong.Â
Copyrights © 2024