Awladuna : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol. 1 No. 2 (2023): Awladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN ASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN METODE ONE DAY ONE NAME DI KELOMPOK BERMAIN TK ISLAM EL RAHMAN

Sri Wahyuni (Unknown)
Dwi Puji Lestari (Unknown)
Arie Rijanti (Unknown)
Zahra Salsabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah hafalan asmaul husna kelompok bermain Tk Islam El Rahman tergolong rendah, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang kurang inovatif, kreatif dan efektif dalam penerapan proses menghafal untuk anak usia dini, serta kurangnya partisipasi anak dalam proses pembelajaran untuk menghafal asmal husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses hafalan asmaul husna siswa kelompok bermain TK Islam El Rahman sebelum menggunakan metode one day one name dan mengetahui peningkatan hasil haafalan asmaul husna siswa setelah menggunakan metode one day one name. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral . Penelitian tindakan kelas ini melibatkan subjek penelitian terdiri dari 12 anak. 3 laki-laki dan 9 perempuan. Tempat penelitian dilakukan di TK Islam El Rahman Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan tiga siklus yakni Tahap Pra Siklus, Siklus 1 dan Siklus 2 dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari setiap siklus. Pada tahap pra siklus, anak memiliki jumlah nilai 465 dengan rata-rata 48,4 %, di siklus I mengalami peningkatan dengan jumlah nilai 569 rata-ratanya 59,3 % atau naik 10,9 % dari tahap pra siklus. Pada siklus II jumlah nilai 736 dengan rata-rata sebesar 76,7 % disinilah perkembangan hafalan asmaul husna mengalami peningkatan sesuai dengan harapan peneliti dengan jumlah rata-rata sebesar 76,7 % atau naik sebesar 17,4 % bahkan prosentase diatas lebih besar dari harapan peneliti

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

awladuna

Publisher

Subject

Education Other

Description

Awladuna: Journal of Islamic Early Childhood Education is a peer-reviewed journal with blind review that focuses on issues of early childhood Islamic education and early childhood education. Issues accepted in this journal include: early childhood growth and development; environment and curriculum ...