Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 1, No 3 (2016): JULI 2016

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH

Faisal Syahputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2016

Abstract

Hasil belajar sangat penting dalam dunia pendidikan karena merupakan indikator pencapaian target yang direncanakan. Berbicara mengenai hasil belajar, fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat dikatagorikan sebagai mata pelajaran yang memiliki hasil belajar relatif rendah hal tersebut dapat disebabkan kurang tepatnya metode belajar yang digunakan oleh guru terhadap suatu bahan ajar yang disampaikan kepada siswa. Metode Discovery Learning dan metode Mastery Learning  (belajar tuntas) dapat digunakan untuk membuat siswa menjadi aktif, dan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan juga dapat meningkatkan kerjasama siswa. Penulis memilih kedua metode pembelajaran ini karena berdasarkan hasil penelitian sebelumnya menunjukan bahwa metode Discovery Learning dan metode Mastery Learning (belajar tuntas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada materi impuls dan momentum dengan menggunakan metode Discovery Learning dengan metode Mastery Learning (belajar tuntas) pada siswa kelas XI MAN 3 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 3 Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak dua kelas. Penentuan sampel dilakukan secara Proposive Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data Pretest  dan Posttest. Uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak. Hasil analisis data menunjukan bahwa  yaitu -2,70 5,68 2,70. Ini berarti uji hipotesis Ho ditolak  dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada materi impuls dan momentumdengan menggunakan metode Discovery Learning dengan metode Mastery Learning (Belajar Tuntas) Siswa Kelas XI MAN 3 Banda Aceh. Berdasarkan hasil dan pembahasan disarankan kepada pihak lain untuk melakukan penelitian yang sama pada materi lain sebagai bahan perbandingan dengan hasil penelitian ini. Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Discovery Learning, Metode Mastery Learning (Belajar Tuntas)

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...