Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa pada mata pelajaran fisika dengan prestasi belajar fisika. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI-IA5 yang berjumlah 34 orang, digunakan untuk mewakili seluruh siswa kelas XI-IA pada SMAN 4 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan nilai prestasi siswa semester II pelajaran fisika dari guru yang bersangkutan. Angket digunakan untuk mengukur persepsi siswa pada mata pelajaran fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasional product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan persepsi siswa pada mata pelajaran fisika dengan prestasi belajar fisika dan bernilai positif, berdasarkan rhitung rtabel yaitu 0,5692 0,2869 pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan dk = (n-2) = 32. Pengujian hipotesis menggunakan uji r, Ha diterima bila rhitung ≥ rtabel. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan, terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi siswa pada mata pelajaran dengan prestasi belajar fisika.Kata Kunci: Persepsi Siswa, Prestasi Belajar, Fisika, Hubungan
Copyrights © 2016