Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12, No 2 (2024): July 2024

Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Penguasaan Materi Dan Peran Peserta Didik Dalam Pembelajaran di SD 03 Kanigoro Madiun

Sari, Maya Kartika (Unknown)
Budiyono, Budiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap penguasaan materi dan peran peserta didik dalam pembelajaran di SDN 03 Kanigoro Madiun.Penelitian ini menggunaka penelitian kualitatif dengan pendekatan study kasus. Lokasi penelitian SDN 03 Kanigoro Madiun dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan materi IPAS kebutuhan hidup. Pengambilan data siswa sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipan (participant observation), wawancara mendalam (in-depth interview), dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian diatas mengenai Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap penguasaan Materi dan peran peserta didik dalam pembelajaran pada peserta didik kelas 4 pada materi IPAS kebutuhan hidup di SDN 03 Kanigoro Madiun dapat disimpulkan bahwa Metode pembelajaran Mind Mapping sangat mempengaruhi penguasaan peserta didik dalam menganalisis materi pelajaran dan menjadikan peserta didik menjadi lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itulah pembelajaran menggunakan Mind Mapping harus senantiasa digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...