Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11: Special Issue No. 1 (2023)

Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Bermuatan Ethnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Pernanda, Restiana (Unknown)
Darma, Yudi (Unknown)
Irvandi, Wandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis Problem Solving bermuatan etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang dilihat dari tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan penegmbangan atau Research and Development dengan rancangan penelitian Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Tanah Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat dengan subjek penelitian 16 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa, serta lembar posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid dengan kevalidan media mencapai 86% dan kevalidan materi mencapai 84%, tingkat kepraktisan dengan kriteria sangat praktis ditunjukan dengan angket respon siswa yang mencapai nilai 95 % dan angket respon yang diberikan guru mencapai nilai 96%, tingkat keefektifan dengan kriteria efektif berdasarkan nilai ketuntasan yang ditentukan sekolah. Hasil tes menunjukan rata-rata siswa mendapatkan nilai 82,5. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...