Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 12, No 1 (2024): Januari 2024

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di UPT SDN 010 Siabu

Adha, Getryriza (Unknown)
Mufarizuddin, Mufarizuddin (Unknown)
Hardi, Vitri Anggraini (Unknown)
Ananda, Rizki (Unknown)
Aprinawati, Iis (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SDN 010 Siabu. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV UPT SDN 010 Siabu. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 26 orang siswa, sedangkan objeknya adalah menggunakan media audio visual berupa vidio dari aplikasi capcut untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Instrumen yang dugunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media audio visual. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan bahwa ketuntasan secara klasikal dari data pada siklus 1 pertemuan I sebesar 19, 23% dan pada pertemuan II menjadi 23, 08%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 88, 46% dan di pertemuan II meningkat lagi menjadi 92, 30%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dimensi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran is a peer-reviewed, open access journal that provides publication of articles in all areas of educational research. It aims to promote excellence through the dissemination of high-quality research findings and provide a platform for scientists and ...