Kualitas pelayanan yang baik bukan hanya dilihat dalam hal pelayanan saja, namun tercermin dari fasilitas yang baik serta aparatur pelayanan dan penunjang pelayanan yang lain. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan kesehatan dengan metode servqual di Puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien rawat jalan di Puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Kendari tahun 2022 yang berjumlah 63.310 orang. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah sebanyak 100 orang menggunakan metode Proportional Random Sampling. Teknik ini digunakan karena populasinya tidak homogen. Hasil uji pengaruh keadaan fisik terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000, keandalan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,003, ketanggapan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,002, jaminan kemanan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000, kepedulian terhadap kepuasan pelayanan kesehatan diperoleh nilai chi square = 0,000.
Copyrights © 2024