Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam
Vol 17 No 2 (2023)

Pemahaman Anak dan Pengalaman Belajar dalam Program Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) KUA Curup Utara untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Quran

Carles, Eko (Unknown)
Hiptraspa, Zepri (Unknown)
Warsah, Idi (Unknown)
Morganna, Ruly (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan pemahaman anak dan pengalaman belajar dalam Program Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) yang dilaksanakan oleh KUA Curup Utara dengan fokus pada peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara terhadap penyuluh, anak-anak (peserta program) dan kepala KUA yang terlibat dalam program BPI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Bimbingan Konseling Islam (BPI) di KUA Curup Utara sangat berperan dalam upaya meningkatkan kemampuan anak dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Program ini memberi anak-anak pengalaman belajar yang berkesan, menyenangkan, dan termotivasi. Anak-anak menunjukkan motivasi belajar yang tinggi, kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur'an, dan orang tua mereka secara aktif mendukung mereka dalam program ini. Program BPI KUA Curup Utara juga menumbuhkan apresiasi dan pemahaman Islam pada anak-anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kodifikasia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam is a journal based on Islamic research published by Institute for Research and Community Services, State Islamic Institute of Ponorogo. This journal first published in 2007 to facilitate the publication of research, articles, and book review. The Journal issued ...