Abstrak Salah satu faktor siswa SMK Pembina Bangsa Bukittinggi mendapatkan nilai yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena kurangnya media pembelajaran oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahapan Analysis, Design, Develop, Implementasi, dan Evaluation.Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan menggunakan kriteria berdasarkan nilai dengan tingkat rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata ujivalidasi ahli meia oleh validator sebesar 81,34% dengan kategori sangat valid dan ahli materi sebesar 84,79% dengan kategori sangat valid. Uji praktiklaitas guru sebesar 82,44% dengan kategori sanat praktis dan praktikalitas siswa sebesat 81% dengan kategori sangat praktis.Kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh media pembelajaran berbasis android layak diguanakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci — Media Pembelajaran, Android, Informatika Abstract One of the factors is that students at SMK Pembina Bangsa Bukittinggi get grades that do not meet the Minimum Completeness Criteria (KKM) due to a lack of learning media. Therefore, the purpose of this study is to produce valid and practical Android-based learning media. This study used the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model which consisted of five stages, namely the Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation stages. The data collection technique used a Likert scale questionnaire. The sampling technique used was purposive sampling using criteria based on values with low, medium and high levels. The results of this study showed that the average value of the media expert validation test by the validator was 81.34% in the very valid category and 84.79% in the material expert category with a very valid category. The teacher's practicality test was 82.44% in the very practical category and the students' practicality was 81% in the very practical category. The conclusions based on the data obtained by Android-based learning media are feasible to use as learning media. Keywords— Learning Media, Android, Informatics
Copyrights © 2024