JURNAL PETIK
Vol. 10 No. 2 (2024): Volume 10 No 2 September 2024

Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Praktek Tata Cara Wudhu Kelas 2 Di SDN 1 Padamukti

Rahadian, Dian (Unknown)
Imania, Kuntum An Nisa (Unknown)
Bhakti, Demmy Dharma (Unknown)
Sofiyanti, Melina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Abstrak Pengembangan video pembelajaran animasi Pendidikan agama islam dilatar belakangi oleh pemanfaatan teknologi yang kurang optimal dan bahan ajar yang digunakan oleh pembelajaran masih berupa buku paket, powerrpoint dan metode ceramah , akibatnya siswa kesulitan memahami materi. Oleh karena itu, peneleitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran animasi. Penelitian ini menerapkan metode pengembanagan R&D (Reseacrh and Development) dengan menggunakan langkah-langkah model pengembangan yang dikemukakan oleh Alessi dan Trolip. Hasil validasi produk video animasi dengan menggunakan Powtoon yang dikembangkan dinyatakan "sangat layak" oleh validator ahli materi dengan persentase sebesar 92% dan validator ahli media dengan presentase sebesar 98%. Hasil penilaian uji coba produk yang dikembangkan "sangat layak" oleh peserta didik dengan presentase sebesar 95%. Hal ini dapat diartikan bahwa video pembelajaran animasi yang telah dikembangkan sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kata kunci: Allesi & Trolip, Video pembelajaran animasi,powtoon Abstract The development of animated learning videos of Islamic religious education is motivated by the less than optimal use of technology and the teaching materials used by learning are still in the form of textbooks, powerpoints and lecture methods, as a result students have difficulty understanding the material. Therefore, this study aims to develop animated learning videos. This study applies the R&D (Research and Development) development method using the development model steps proposed by Alessi and Trolip. The results of the validation of the animated video product using the developed Powtoon were declared "very feasible" by the material expert validator with a percentage of 92% and the media expert validator with a percentage of 98%. The results of the product trial assessment developed were "very feasible" by students with a percentage of 95%. This can be interpreted that the animated learning video that has been developed is very feasible to be used as an alternative learning media used in classroom learning. Keywords: Allesi & Trolip, Animated learning video, powtoon

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

petik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada ...