Pembelajaran di abad 21 haruslah mencerminkan 4C pada diri peserta didik. Pembalajaran semacam ini dinilai akan memberikan makna yang lebih mendalam, dan unsur paling penting dalam pembelajaran adalah adanya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui apakah metode crossword online mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP. Dengan jenis penelitian tidakan kelas dan model Kurt Lewin, dalam satu siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif dan keabsahan datanya menggunakan pendapat ahli serta setting tempatnya adalah siswa kelas IX di SMP N 3 Satu Atap Siliragung. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motivasi belajar pada siswa dipengaruhi oleh dua unsur yaitu instrinsik dan ekstrinsik, posisi crossword online ada pada pengaruh ekstrinsik yang mana mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yang dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan peserta didik selama pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas.
Copyrights © 2024