JIPIS
Vol. 32 No. 2: Oktober 2023

Analisis Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Secara Kritis Pada Perkembangan Teknologi Berimplikasi Dalam Pembelajaran

Ismi Adnin (Unknown)
Hubi, Zindan Baynal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter rasa ingin tahu peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanjung Raja. Penelitian ini intens pada penganalisisan analisis karakter rasa ingin tahu secara kritis terhadap perkembangan teknologi yang berimplikasi dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif. Data penelitian dikumpulkan meggunakan teknik wawancara, dokuentasi, dan pengamatan secara nyata di SMAN 1 Tanjung Raja. Informan dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil pengamatan, wakil kurikulum, dan wakil kesiswaan. Informan ini dari kelas XI. Perolehan hasil penelitian yakni bahwa karakter rasa ingin tahu memang sangat penting dimiliki peserta didik terutama terkait dengan perkembangan teknologi yang peggunaannya nanti akan berimplikasi ketika mereka belajar, dan pelaksanaannya perlu dukungan dari tipusan pendidikan, terutama ari lingkungan keluarga dan sekolah, dan harus berkontribusi satu sama lain senhingga karakter rasa ingin tahu dapat dipertahankan, dan ditingkatkan, yang diharapkan dapat berguna bagi kehidupannya sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPIS

Publisher

Subject

Education Other

Description

JIPIS diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang dengan P-ISSN 0216-2830 dan E-ISSN 2686-0147. JIPIS terbit dua kali setiap tahun, yaitu edisi Januari-Juni dan Juli-Desember. JIPIS menerima artikel berbahasa Indonesia atau Inggris yang berupa ...