Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya
Vol. 11 No. 1 (2024): Vol.11 No.1 Bulan Maret 2024

KEEFEKTIFAN MEDIA FILM PENDEK DAN LAGU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X MA NEGERI 1 SERANG: KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK

PRIMURHADI, RAM (Unknown)
Hilaliyah, Tatu (Unknown)
Herwan, Herwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Kurangnya kemampuan menulis pada masyarakat Indonesia membuat mereka kesulitan dalam menyampaikan ide dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek kebahasaan yang cukup sulit dikuasai jika tidak dilatih dengan tekun. Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis pada masyarakat Indonesia perlu dilakukan sejak dini. Pembelajaran keterampilan menulis dapat dilakukan di sekolah yaitu pada materi menulis cerita pendek. Pemilihan media yang digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek penting dilakukan untuk menarik minat peserta didik. Media yang tepat dapat mengefektifkan pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media film pendek dan lagu terhadap keterampilan menulis cerita pendek peserta didik. Temuan dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat keefektifan media film pendek dan lagu terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Hasil posttest dengan menggunakan media film pendek menunjukkan nilai rata-rata sebesar 78,89, sedangkan hasil posttest dengan menggunakan media lagu menunjukkan nilai rata-rata sebesar 73,52. Dapat disimpulkan bahwa media film pendek lebih efektif dalam pembelajaran menulis cerita pendek. Hasil tersebut membuktikan bahwa peserta didik lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar sehingga keterampilan menulis cerita pendeknya meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paramasastra

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

discusses field-based research, literature research, and theoretical and methodological reflection on languages, literatures, and its teaching. This journal receives research-based articles or literary-based studies that will be published twice a year through the screening process. All articles ...