Minimnya penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA disebabkan oleh jumlah alat peraga di sekolah yang terbatas. Penggunaan alat peraga inovasi dapat mengatasi masalah ini. Pelatihan mengenai pengembangan alat peraga sangat dibutuhkan bagi guru pengampu mata pelajaran IPA. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru IPA berinovasi menggunakan alat peraga sederhana. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah pembimbingan, pembuatan alat, uji coba alat, dan implementasi secara langsung dalam kelas. Hasil angket menunjukkan kesuluruhan peserta memberikan predikat sangat baik yang menunjukkan bahwa alat peraga yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa dan layak digunakan. Nilai rata-rata yang didapatkan dari hasil angket yaitu 84.3, 95.1, dan 89,4 masing-masing untuk alat peraga Hukum Ohm, Resonansi, dan Hukum Hooke. Respon yang diberikan siswa pada implementasi alat peraga inovasi ini menunjukkan bahwa alat peraga inovasi ini layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Copyrights © 2023