Pendahuluan: Menstruasi merupakan proses lepasnya dinding endometrium diikuti dengan perdarahan, nyeri haid pada saat menstruasi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari pada remaja putri, berupa kurang bersemangat dalam belajar, sulit berkonsentrasi saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan: Menganalisis pengaruh nyeri haid terhadap aktivitas belajar remaja putri kelas XI di Madrasah Aliyah Hidayatullah Martapura Tahun 2024. Metode: Desain penelitian menggunakan studi analitik observasional. Populasi penelitan siswi kelas XI di Madrasah Aliyah Hidayatullah Martapura Tahun 2024 berjumlah 79 siswi. Sampel penelitian semua siswi pernah mengalami nyeri haid berjumlah 67 orang. Varibel berupa nyeri haid dan aktivitas belajar remaja putri dengan instrumen berupa kuesioner serta analisis menggunakan uji korelasi Chi Square. Hasil: secara kategorik nyeri haid remaja putri mayoritas nyeri sedang dengan aktivitas belajar terganggu. Hasil analisisi didapatkan nilai p= 0,001 yang berarti ada pengaruh nyeri haid terhadap aktivitas belajar remaja putri kelas XI di Madrasah Aliyah Hidayatullah Martapura Tahun 2024. Kesimpulan: Remaja putri yang mengalami nyeri haid akan berpengaruh terhadap aktivitas belajar. Saran: Remaja putri yang mengalami nyeri haid hendaknya dilakukan penanganan secara maksimal untuk menghilangkan rasa nyeri sehingga tidak mengganggu aktivitas belajarnya.
Copyrights © 2024