Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI)
Vol 1 No 3 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi

Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas X-C SMA Negeri 11 Samarinda

Najrah, Najrah (Unknown)
Pardosi, Jawatir (Unknown)
Asnar, Asnar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penerapan  model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X-C SMA Negeri 11 Samarinda.Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model project based learning (pjbl) meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X-C SMA Negeri 11 Samarinda, serta untuk mengetahui tingkat partisipasi aktif siswa dalam penyelesaian  proyek pada mata pelajaran PPKn di kelas X-C SMA Negeri 11 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, Penelitian ini berfokus pada penerapan model project based learning (pjbl) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X-C SMA Negeri 11 Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan bulan April 2023. Subjek penelitian ialah 8 siswa, 1 guru PPKn dan waka kurikulum dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentas. Teknik analisis adata ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran PPKn melalui penerapan model project based learning. Siswa aktif dalam kegiatan belajar, berpartisipasi dalam diskusi, melakukan pemikiran kritis, dan berkolaborasi dalam proyek. Namun, ada beberapa kendala yang muncul dalam penerapannya, terutama terkait dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. Keterbatasan waktu dalam jadwal pembelajaran projek menjadi hambatan, terutama ketika projeknya belum selesai. Oleh karena itu, pentingnya penerapan secara konsisten model pembelajaran ini dalam mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PPKn.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jippsi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI) adalah jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengkajian, dan penerapan teknologi yang didedikasikan untuk perkembangan terbaru di bidang ilmu pendidikan, keguruan, manajemen pendidikan, dan psikologi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan ...