Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 6, No 1 (2024): Indonesian Journal Of Elementary Education (IJOEE)

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DAN VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SERANG

Maria, Vera (Unknown)
Muhyidin, Asep (Unknown)
Pahamzah, Jhon (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

AbstrakPeranan orang tua dalam motivasi pendidikan anaknya sangatlah penting, orang tua diharapkan berperan aktif dalam memberikan dukungan terhadap setiap proses pendidikan anaknya, apapun latar belakang sosial dan ekonominya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi ekonomi sebuah keluarga yang memadai akan memudahkan mereka dalam memenuhi segala kebutuhan sekolah anaknya. Di sisi lain, kondisi ekonomi sebuah keluarga yang buruk akan membuat mereka kesulitan memenuhi kebutuhan sekolah anaknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dan VI SD N 2 Serang. Dari hasil penelitian yang kami lakukan menunjukkan bahwa tingkat ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V dan VI di SD N 2 Serang. Pemerintah juga mengambil peran penting dalam mengatasi permasalahan perekonomian di bidang pendidikan dengan memberikan berbagai bantuan pendidikan sehingga dapat membantu siswa yang memiliki semangat belajar dan tekad yang kuat untuk mencapai impiannya.Kata Kunci: Pendidikan, Orang Tua, Ekonomi, Motivasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...