JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 8 No. 2 (2024): July

Pelayanan Anak Korban Kekerasan di Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif Kota Mataram

Ahadirian Maghfirah, Destiar (Unknown)
Jufri, A Wahab (Unknown)
Ramdani, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan anak korban kekerasan di Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif Kota Mataram. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan dilakukan dengan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pelayanan dimulai dari tahap pengaduan, tahap identifikasi, tahap rencana intervensi, tahap intervensi, tahap monitoring dan evaluasi, tahap terminasi; (2) Layanan yang didapatkan oleh anak korban kekerasan berupa layanan yang dibutuhkan seperti kesehatan, pendidikan, kesejahteraan sosial, bantuan hukum, administrasi penduduk, mediasi dan rumah aman. Sedangkan khusus untuk pelayanan pendidikan yang diterima anak korban kekerasan berupa pindah sekolah termasuk pindah ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, fasilitas kejar paket dan PKBM, homeschooling serta bantuan pendidikan seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan) (p-ISSN: 2548-6233; e-ISSN: 2548-6241) is a peer-reviewed journal published since 2016 by the Postgraduate University of Mataram. The Journal of Educational Administration Practitioners is an integrated media for continuous communication with important ...