Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 3 No. 4 (2024): Juli 2024

Pembelajaran Menentukan Jenis Majas Puisi ‘Hujan di Waktu Itu’ Menggunakan Teknik Scaffolding melalui Media Poster

Andriani, Alya Syifa (Unknown)
Urbaningrum, Anastiya (Unknown)
Anggraeni, Deswita (Unknown)
Anggraeni, Wilda (Unknown)
Damayanti, Welsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Abstrak ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan siswa kelas VI SDN 2 Bojongbubu dalam menemukan dan memahami majas dalam puisi “Hujan Saat Itu”. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 24 siswa sebagai subjek penelitian. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mengenal dan menganalisis majas dalam puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami dan mengidentifikasi majas bervariasi, ada siswa yang mampu menemukan dan memahami maja dengan baik, ada pula siswa yang mengalami kesulitan. Majas yang diidentifikasi meliputi personifikasi dan hiperbola. Penelitian penting untuk pengembangan pemahaman majas dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar untuk meningkatkan pemahaman sastra dan apresiasi keindahan bahasa dalam karya sastra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...