Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi dilapangan, peneliti melihat sebagian remaja di Desa Ruwuk Ranggan kurang memperhatikan tanggung jawab intelektualnya, khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang self-regulated learning pada remaja di Desa Ruwuk Ranggan Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa mayoritas remaja di Desa Ruwuk Ranggan memiliki self-regulated learning yang rendah, terkhusus dalam belajar Al-Qur’an secara mandiri, namun ada juga sebagian remaja yang memiliki self-regulated learning yang tinggi. self-regulated learning pada remaja dalam belajar Al-Qur’an dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung yaitu; 1) keyakinan diri (Self efficacy), 2) motivasi diri (Self-motivation), 3) dukungan sosial.
Copyrights © 2024