Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi motivasi belajar siswa kelas VI SDN 04 Sidoluhur. Motivasi belajar merupakan dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku. Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan menggunakan deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer. Teknik pengambilan data yaitu menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Wawancara dilakukan dengan guru dan siswa kelas VI SDN Sidoluhur serta observasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa terdapat motivasi belajar dalam diri siswa yang terdiri dari hasrat dan keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan dalam belajar, harapan dan cita cita masa depan, penghargaan dalam belajar. Akan tetapi beberapa siswa masih memerlukan dorongan dari luar seperti dorongan, pujian, kesempatan, dan nasihat yang diberikan oleh guru selama proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024