Menurut agama Islam, seorang Muslim diharuskan untuk selalu belajar. Dalam memberikan instruksi kepada siswanya, seorang pendidik harus memberikan instruksi yang paling efektif. Pendidik dalam situasi seperti ini dapat mengambil pelajaran dari Rasulullah. Al-Qur'an dan Hadits menggambarkannya. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap konsep kewajiban dan karakteristik belajar mengajar ala rasulullah (prespektif hadits). Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menjadikan buku, majalah sebagai sumber data utama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses belajar mengajar harus mengacu pada cara mengajar Rasulullah. Bersikap lembut terhadap siswa, mendorong mereka, memberi mereka motivasi, mengkorelasikan peristiwa dalam proses pembelajaran mereka, mengajarkan strategi komunikasi mental dan dialog, merahasiakan nama ketika kritik diberikan, dan memberikan apresiasi kepada siswa. Metode memberi uswatun hasanah harus diterapkan agar pendidikan membekas pada hati peserta didik.
Copyrights © 2024