MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Analisis Tentang Kedudukan Al-Qur’an dan Hadits Sebagai Dasar Pendidikan Islam

Ganif Herlambang, Abdul (Unknown)
Fathurrahman, Fathurrahman (Unknown)
Ramadhan, Muhammad Iqbal (Unknown)
Zilhazem, Muhammad Taura (Unknown)
Wismanto, Wismanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2024

Abstract

Al-Qur’an dan Hadits diakui sebagai sumber utama nilai, moralitas, dan pengetahuan dalam masyarakat Muslim. Penelitian ini menggali pemahaman mendalam tentang kedudukan Al-Qur’an dan Hadits dalam pendidikan Islam, serta relevansinya dalam konteks pendidikan modern. Metode kajian pustaka digunakan untuk mengeksplorasi teori dan konsep yang relevan, dengan analisis data kualitatif terhadap sumber-sumber primer dan sekunder. Hasilnya menunjukkan bahwa Al-Qur’an adalah wahyu ilahi yang komprehensif, memberikan petunjuk dalam segala aspek kehidupan manusia. Hadits memperkuat dan menjelaskan ajaran Al-Qur'an, serta memberikan panduan praktis dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Keduanya merupakan landasan yang kokoh dalam pendidikan Islam, membentuk karakter dan perilaku yang dinamis dan berkualitas. Kesimpulan ini menekankan pentingnya memahami dan menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadits dalam pembentukan individu dan masyarakat Muslim yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...