MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 2 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2024

Identifikasi Kesulitan Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bersusun di SLB Siti Hajar

Syahira, Juniva (Unknown)
Putri, Ava Emalia Selviana (Unknown)
Satiti, Ihsani Hanif Setyo (Unknown)
Darmadi, Darmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika pada siswa tunarungu, serta bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut. Penelitian ini bertempatkan di SLB Siti Hajar dengan subjek 1 siswa kelas 8 SMP. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, tes penjumlahan bersusun dan wawancara dengan menggunakan instrumen penelitiannya adalah soal penjumlahan bersusun. Kesulitan belajar matematika pada anak tunarungu di SLB Siti Hajar memiliki berbagai penyebab, seperti kurangnya pemahaman terhadap konsep menyimpan pada penjumlahan bersusun, kesulitan membedakan penggunaan bahasa isyarat angka dengan angka jari biasa saat menghitung dan tidak adanya media pembelajaran matematika. Dengan adanya penelitian ini dapat menyelesaikan masalah penjumlahan bersusun, mengatasi kesulitan anak tunarungu dalam menyelesaikan masalah penjumlahan bersusun dengan memfokuskan pembelajaran pada siswa. Hasil penelitian yang di dapat yaitu Anak tunarungu di SLB Siti Hajar mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah penjumlahan bersusun pada bilangan 0 dan yang hasilnya lebih dari 10.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...