Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi tentang sifat-sifat cahaya dengan penerapan model quantum teaching di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V SD dengan subjek dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 83 dengan presentase ketuntasan sebesar 72%. Pada siklus dua hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 91 dengan presentase ketuntasan mengalami peningkatan sebesar 95%. Selama proses pembelajaran IPA dengan menggunakan quantum teaching aktivitas belajar siswa lebih antusias, termotivasi, dan dalam memahami materi semakin lebih baik. Adapun rekomendasi yang dapat diberikan adalah iklim belajar dengan menggunakan media atau model pembelajaran yang menarik perlu ditingkatkan di kalangan guru sekolah dasar.
Copyrights © 2024