MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 3 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2024

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Safitri, Dela Afianti (Unknown)
Listiani, Ivayuni (Unknown)
Nurmaningsih, Eka Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Pendekatan pembelajaran berdiferensiasi adalah penyesuaian pembelajaran yang disesuaikan dengan minat, maupun gaya belajar yang dimiliki oleh masing–masing peserta didik, serta sesuai dengan kemampuan peserta didik masing–masing sehingga dapat meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik yang akan dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Penyusunana artikel ini guna mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap pemehaman kognitif peserta didik kelas IV. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SDN Kejuron Kota Madiun. Instrumen berupa tes unjuk kerja hasil pemahaman kognitif dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan pemahaman kognitif peserta didik sebanyak 92%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan pemahaman kognitif peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi fungsi dan bagian–bagian tumbuhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...