Media pembelajaran merupakan alat bantu yang mempunyai fungsi untuk membantu memahamkan siswa pada proses pembelajaran, khususnya pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk Bagaimana kefektifan media audio visual digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 6 Ampenan Kota Mataram. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model ADDIE (analysis, design, development, implementation & evaluation). Penggunanan media audio visual ini telah dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan hasil belajar yang dilakukan pada pada pelaksanaan siklus 1 dan siklus 3 pada pembelajaran SBDP dengan presentase hasil belajar di siklus 1 39,52 dan siklus 3 63,48. Berdasarkan rumus perhitungan uji-t diperoleh bahwa nilai thitung adalah 27,085 sedangkan nilai ttabel adalah 2,021. Karena 27,085 > 2,021, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya Ada perbedaan yang signifikan antara hasil penilaian siswa dari pelaksanaan siklus 1 dan siklus 3 terhadap penggunaan media Audio Visual.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023