Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia
Vol 4 No 1 (2024): Januari-Juni

Pengaruh Penggunaan Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII MTs N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021

Herlindawati, Septi (Unknown)
Safitri, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir Tahun Pelajaran 2020/202. Penelitian ini dilakukan di Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasi yang diambil adalah kelas VIII Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir. Sedangkan sampelnya adalah kelas VIIIA sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah siswa 23 siswa dan Kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen Semu (Quasi Eksperimental) dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif untuk mengukur hasil belajar, Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian dianalisis menggunakan uji ‘t’ dengan taraf sig. ( ) 0,05. Dari hasil analisis pengujian hipotesis menggunakan uji ‘t’ berbantuan aplikasi SPSS 16.0, maka diperoleh < atau -0,136 < 0,167. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh Penggunaan modul dalam pembelajaran terhadap hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas VIII Mts N Gunung Galesa Putri Moyo Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JLPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia (JLPI) adalah wadah publikasi bagi mahasiswa, guru, dosen, praktisi maupun peneliti pada bidang literasi dan pembelajaran. JLPI menerima tulisan dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel review tentang isu yang berkaitan dengan: Literasi Membaca, ...