Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Readung And Composition Pada Pembelajaran Membandingkan Isi Teks Resensi Novel Di Kelas XI SMAN 1 Telagasari

Sumarna, Mario (Unknown)
Meliasanti, Ferina (Unknown)
Huri, Daman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang peneliti temukan di lapangan kurangnya minat membaca siswa terhadap teks resensi. Hal tersebut disebabkan kurangnya penerapan model pembelajaran yang unik dan menarik sehingga dapat mempermudah siswa dalam kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini yaitu SMA Negeri 1 Telagasari dengan sampel penelitian kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing total 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan bantuan pengolahan data menggunakan software SPSS 29 for mac. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 56 pretest sedangkan 78 posttest. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat peningkatan hasil nilai pada kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Uji normalitas sebagai prasayarat uji parametrik selanjutnya diperoleh nilai signifikansi 0,71 pretest kelas kontrol, 0,112 kelas kontrol, 0,000 pretest kelas ekperimen, 0,113 untuk data posttest kelas eksperimen data dinyatakan normal. Lalu, uji homogenitas diperoleh nilai 0,418 kelas kontrol dan 0,996 kelas eksperimen data dinyatakan homogen. Uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima H0 ditolak. Uji N-Gain diperoleh nilai 0,49 dengan kategori sedang. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berpengaruh terhadap pembelajaran membandingkan isi teks resensi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...