Metodik Didaktik
Vol 19, No 2 (2024): Metodik Didaktik Januari 2024

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Digital Berbantu Canva untuk Mengembangkan Numerasi Peserta Didik

Laela, Nur (Unknown)
Alamsyah, Trian Pamungkas (Unknown)
Pamungkas, Aan Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) digital berbantu canva untuk mengetahui kemampuan numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode RD yang menggunakan model 4-D melalui 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Cibadak 2. Teknik pengumpulan data dan informasi seperti Test Numerasi, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan LKPD ini yaitu angket validasi yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, angket respon peserta didik, dan test kemampuan numerasi. Berdasarkan angket validasi ahli didapatkan hasil yaitu ahli media mendapatkan skor persentase ratarata 79,1% dengan kriteria layak, penilaian ahli materi mendapatkan skor persentase rata-rata 89,3% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian ahli bahasa mendapatkan skor persentase rata-rata 77% dengan kriteria layak. Adapun hasil angket respon peserta didik mendapatkan skor presentase 94,7% dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil test menunjukan skor pencapian kemampuan numerasi sebesar 64% dengan kriteria baik. berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam mengembangkan numerasi peserta didik pada pelajaran matematika SD.

Copyrights © 2024