Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia
Vol 6, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Ekonomi Mei 2024

Pendekatan Teaching At The Right Level Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Elastisitas di SMAN 4 BANDUNG Tahun Ajaran 2023/2024

Damayanti, Elsera Windarizki (Unknown)
Kurniawati, Susanti (Unknown)
Ardiansyah, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya nilai Ekonomi peserta didik, di sisi lain kemampuan berpikir kritis sebagai kemampuan yang dibutuhkan di abad 21 masih jarang untuk dilatih dan diuji pada kegiatan pembelajaran maupun pada kegiatan asesmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level model pembelajaran berbasis masalah yaitu Problem Based Learning. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan Quasi Experimental Research. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan post test dengan indikator Facione yang selanjutnya dianalisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa N Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai sig 0,024 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan N Gain kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis indikator tertinggi adalah indikator analisis sedangkan terendah adalah indikator evaluasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 4 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPEI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Manuscripts for JPEI should fall within one of the following categories, Research in economics and education, Economic content, Economic instruction, Innovations in pedagogy, hardware, materials, and methods for treating traditional and newer subjects. Reports on the status and events that influence ...