Penelitian ini didasarkan pada rendahnya nilai Ekonomi peserta didik, di sisi lain kemampuan berpikir kritis sebagai kemampuan yang dibutuhkan di abad 21 masih jarang untuk dilatih dan diuji pada kegiatan pembelajaran maupun pada kegiatan asesmen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan pendekatan Teaching at The Right Level model pembelajaran berbasis masalah yaitu Problem Based Learning. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dengan Quasi Experimental Research. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan post test dengan indikator Facione yang selanjutnya dianalisis dengan uji t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa N Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai sig 0,024 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan N Gain kemampuan berpikir kritis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemampuan berpikir kritis indikator tertinggi adalah indikator analisis sedangkan terendah adalah indikator evaluasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan Teaching at The Right Level model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik mata pelajaran ekonomi kelas X di SMAN 4 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024