The ability of young children to recognize letters is the ability to recognize and grasp the signs in writing that consist of alphabet letters symbolizing language sounds. According to the findings of the observations, some children's ability to detect letters did not develop optimally. The purpose of this study is to use smart box media to increase the capacity to recognize letters in the B2 group at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Sawangan. This is classroom action research (PTK), with 24 youngsters participating: 12 females and 12 boys. Observation and documenting strategies are used to obtain data. A quantitative descriptive method was taken to analyze the data. The study's findings revealed that using smart box media improved children's capacity to recognize letters, as evidenced by an 11.8% increase in average percentage score from 57.99% to 69.79%. From cycle I to cycle II, the good category increased by 11.81% from 69.79% to 81.60%. Based on these findings, smart box media can improve children's capacity to recognize letters; it can also be utilized in the classroom to develop children's curiosity about media, as well as by teachers for learning. ABSTRAK Kemampuan anak usia dini dalam mengenal huruf adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami tanda-tanda dalam tulisan yang terdiri dari huruf-huruf alfabet yang melambangkan bunyi-bunyi bahasa. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan mengenal huruf pada beberapa anak belum berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan media kotak pintar untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Sawangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan jumlah peserta 24 anak: 12 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Strategi observasi dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor rata-rata sebesar 11,8% dari 57,99% menjadi 69,79%. Dari siklus I ke siklus II, kategori baik meningkat 11,81% dari 69,79% menjadi 81,60%. Berdasarkan temuan ini, media kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf, media ini juga dapat digunakan di dalam kelas untuk mengembangkan keingintahuan anak terhadap media, dan juga oleh guru untuk pembelajaran.
Copyrights © 2024