Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam secara kuratif dan prefentif serta untuk mengetahui kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengelolaan kelas secara preventif adalah menyediakan 15 menit untuk tadarus bersama, memberikan pengantar-pengantar berupa cerita motivasi, merapikan posisi tempat duduk agar peserta didik merasa nyaman sebelum memulai pelajaran. Sementara pengelolaan kuratif adalah memberikan teguran saat terjadi kekacauan dalam kelas, adapun hasil dari fokus penelitian kualitas pembelajaran ditemukan kesimpulan bahwa pendidik atau guru pendidikan agama islam telah melakukan persiapan berupa, menyiapkan RPP (rencana proses pembelajaran) yang merupakan kerangka apa saja yang akan di lakukanĀ  guru dari masuk sampai keluar kelas. selain itu juga guru menyiapkan beberapa metode yang akan dipakai dan alat-alat pendukung seperti power point atau buku-buku serta memiliki keterampilan mengajar guru pendidikan agama islam terhadap tercapainya hasil tujuan pembelajaran dikategorikan cukup pada kemampuan mengelola kelas, mengadakan pembelajaran yang bevariasi, dan memimpin diskusi kelompok.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023