Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2023): Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

E-Modul Interaktif: Pengembangan Berbasis Kearifan Lokal dan Profil Pelajar Pancasila Kelas XI Materi Teks Argumentasi

Pratami, Fisnia (Unknown)
Devita Sari, Nindy (Unknown)
Akhodiyah, Sulistina (Unknown)
Puspita Dewi, Diska (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitaian ini mengembangkan e-modul interaktif berbasis kearifan lokal dan profil pelajar pancasila pada materi teks argumentasi kelas XI. Metode yang digunakan pada penelitian adalah Research and Development diadopsi dari teori ADDIE oleh Dick dan Carry terdiri dari 5 tahap di antaranya: 1) Analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation dan 5) evaluation. Penelitian ini sampai pada tahap ketiga karena pada tahap tersebut tujuan penelitian sudah tercapai. Instrumen penlitian berupa kuesioner skala likert yang dianalisis berdasarkan persentase yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif dinyatakan layak dan reliabel oleh validasi materi dan media untuk diterapkan dalam pembelajaran. Tanggapan guru memiliki nilai alpha lebih rendah tetapi secara standardize memenuhi kriteria layak. Respon siswa terhadap kemenarikan dengan beberapa komponen indikator kemenarikan dinyatakan menarik sehingga e-modul interaktif dinyatakan sangat menarik. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menerapkan di dalam pembelajaran.Kata Kunci: e-Modul interactive; kearifan lokal; profil pelajar pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hortatori

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Hortatori: Journal of Language Studies is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in ...