Kurangnya keaktifan peserta didik dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas 11 Biologi 4 SMA Negeri 6 Metro dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi serta metode inkuiri terbimbing khususnya pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 siklus. Setelah menganalisis data, peneliti memperoleh hasil bahwa keaktifan klasikal peserta didik pada siklus I mencapai 59% dan pada siklus II mencapai 75%. Begitu pula pada hasil belajar peserta didik, persentase ketuntasan klasikal pada saat dilaksanakan pretest adalah 17%, kemudian pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 41% dan pada siklus II ketuntasannya mencapai 83% atau mengalami peningkatan sebanyak 42% dari siklus I. Berdasarkan data hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dengan metode inkuri terbimbing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024