Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi media pembelajaran I-Spring untuk sistem pergerakan tanaman bagi siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Rambah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Desember 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 guru dan 35 siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Rambah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan I-Spring untuk siswa kelas VIII pada sistem gerak tumbuhan secara keseluruhan dinyatakan "sangat layak" dengan persentase rata-rata 91,5%. Berdasarkan validasi ahli materi dengan persentase perolehan rata-rata 86,5%, validasi ahli media dengan persentase perolehan rata-rata 96,6%, validasi ahli teknologi dengan persentase akuisisi rata-rata 89,1%, uji coba guru dengan persentase akuisisi rata-rata 100%, uji coba individu perolehan rata-rata 87,8%, uji coba kelompok kecil perolehan rata-rata 87,3%, dan uji coba lapangan perolehan rata-rata 93,8%. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan I-Spring sangat cocok digunakan oleh pendidik dan siswa dalam proses pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023