Kemampuan literasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa sebagai prasyarat kecakapan hidup abad ke-21. Menurut World Economic Forum pada tahun 2015, ada enam literasi dasar yang harus dimiliki siswa, salah satunya adalah kemampuan literasi numerasi. Literasi numerasi yang baik akan melahirkan siswa yang terampil menggunakan matematika dengan percaya diri di pembelajaran sekolah maupun di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kemampuan literasi numerasi sangat penting dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi numerasi siswa SMP dengan menggunakan indikator kemampuan literasi numerasi. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian adalah 19 siswa kelas VIII di salah satu SMP Swasta di Kabupaten Rokan Hulu. Teknik analisis data Miles dan Huberman digunakan pada penelitian ini. Dari hasil penelitian diperoleh nilai tes literasi numerasi siswa masih terletak di interval ≤40 yang termasuk kategori rendah. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa belum sepenuhnya memahami apa yang dimaksud soal. Indikator yang paling rendah yaitu indikator ketiga yaitu menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru agar dapat mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran di kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023