Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada materi grafik fungsi kuadrat sehingga membuat hasil belajar siswa banyak yang tidak tuntas. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif yang berpusat pada siswa yaitu menggunakan bantuan aplikasi GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran matematika pada materi grafik fungsi kuadrat berbantuan aplikasi GeoGebra untuk siswa Sekolah Menengah Atas yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan four-D (4- D) yang dimodifikasi menjadi 3D tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan dan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambah tahun pelajaran 2021/2022. Istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi dan lembar angket praktikalitas. Uji validitas video pembelajaran matematika berbantuan aplikasi GeoGebra divalidasi oleh 3 orang validator. Hasil validasi video pembelajaran matematika adalah 3,88 dengan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan. Sedangkan uji praktikalitas diperoleh rata-rata 3,46 dengan kategori sangat baik dan mudah untuk digunakan.
Copyrights © 2023